Noda tinta dari bolpen dan spidol sering terlihat seperti mimpi buruk untuk keluar dari pakaian – terutama karena, dalam banyak kasus, siklus mesin cuci standar tidak memotongnya. Meskipun noda bisa pudar dalam keadaan normal, mungkin ada pengingat akan kebocoran tinta, terutama pada pakaian berwarna putih dan terang. Tinta noda memang perlu mendapat perhatian khusus, namun mengeluarkannya bukanlah tugas yang tidak mungkin! Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan noda keras kepala dengan cepat dan mudah ini – dan selalu ingat untuk menguji produk apa pun yang Anda gunakan untuk menghilangkan noda pada sepotong kecil kain terlebih dulu, seperti pada manset atau ujung garmen.

Membersihkan Tinta Berbasis Air

Tinta berbasis air jarang menimbulkan banyak masalah. Karena tinta ini terutama terbuat dari air, sangat mudah untuk dicuci dari pakaian dan bahan lain seperti karpet atau gorden.

  • Letakkan pakaian ke kain tebal atau handuk – apapun yang akan menyerap air.
  • Oleskan sedikit deterjen cucian langsung ke noda, dengan lembut memijatnya ke dalam bahan.
    Usapkan air ke noda menggunakan kain atau spons. Noda harus mulai rusak.
  • Cuci garmen seperti biasa, gunakan air panas jika memungkinkan, meski hal ini tidak disarankan untuk kain halus.

Menangani Lebih Banyak ato Stubborn Stains

Tinta marker permanen jauh lebih menantang untuk mencuci pakaian daripada tinta berbasis air, tapi bisa dilakukan. Ini hanya membutuhkan sedikit perawatan dan pilihan produk dan bahan yang berbeda. Ada produk komersial yang tersedia di toko yang efektif menghilangkan noda tinta, namun Anda juga bisa mencoba salah satu metode alternatif ini:

  • Cobalah jenuh noda dengan penghilang cat kuku (nail polish remover). Gunakan ini hanya pada kain hardwearing, dan ingatlah untuk menguji area kain yang kecil dulu.
  • Spritz hairspray ke noda dan biarkan kering sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Bahan kimia dalam semprotan akan membantu memecah tinta, sehingga memudahkan larut dalam pencucian.

Mengobati noda pada bahan halus

Dengan bahan yang sangat halus – seperti katun 100 persen, sutra, dan wol – Anda tidak ingin menggunakan bahan kimia keras yang dapat merusak kain yang rentan. Sebagai gantinya, cobalah beberapa solusi alami untuk menghilangkan noda yang keras.

  • Campurkan bagian yang sama jus lemon dan deterjen cucian lembut bersama dan oleskan ke noda.
  • Tinggalkan campuran itu untuk duduk selama beberapa jam sebelum mencuci pakaian dengan air dingin.
  • Coba gunakan susu segar untuk membersihkan noda tinta. Gunakan susu dingin untuk menghilangkan noda berbasis air dan susu hangat saat mencuci pra-cuci.
  • Jika Anda tidak yakin tentang mengatasi penghapusan noda pada kain halus.

Tips Membuat Penghapusan Stains Lebih Mudah

Untuk membersihkan noda tinta lebih mudah dan cepat, pastikan untuk mengikuti panduan sederhana ini:

  • Cobalah untuk merawat noda sesegera mungkin setelah tinta bocor. Jika tinta masih segar, dan masih basah, maka akan keluar dari pakaian jauh lebih mudah daripada jika sudah sempat mengeringkan serat.
  • Jangan menggosok pada noda tinta – daripada menghilangkan noda, tindakan ini bisa menyebabkannya menyebar. Sebagai gantinya, oleskan noda dengan hati-hati untuk meminimalkan penyebaran dan mengurangi kerusakan pada material.
  • Sebelum mengeringkan pakaian di pengering, perhatikan baik-baik untuk memastikan noda telah dilepas. Jika garmen dikeringkan panas sebelum waktunya, panasnya bisa menyebabkan noda di tetapkan. Jika noda belum dilepas seluruhnya, ulangi proses pembersihan sampai kainnya bersih.